Pencak Silat Sebagai Warisan Budaya


Kesenian sebagai salah satu warisan budaya khususnya pencak silat sebagai cermin pribadi bangsa harus tumbuh dan berkembang di bumi Indonesia, oleh sebab itu perlu mendapat pembinaan dan pemeliharan dari semua kalangan, baik itu sipil atau pemerintah. Karena salah satunya dengan pencak silat kita sebagai warga negara Indonesia dapat bangga memperkenalkan pencak silat di kancah internasional sebagai salah satu warisan budaya Indonesia.

Dulu pencak silat terlahir karena tuntutan keadaan, karena pada masanya sangat dibutuhkan untuk membela diri dari penjajah yang telah menguasai bangsa indonesia selama ratusan tahun, tapi ada juga yang berpendapat bahwa pencak silat telah ada pada zaman kerajaan ribuan tahun silam dan itu dapat merupakan sebuah fakta karena dengan bukti yang terpercaya. 

Di era globalisasi ini pencak silat tidak hanya untuk pelindung atau beladiri semata, melainkan telah menjadi sebuah kesenian dan olah raga buktinya pencak silat telah di pertandingkan di beberapa perhelatan olah raga seperti PON, SEA Games, Asian Games dsb, bahkan ada juga world pencak silat tournament / kejuaraan pencak silat dunia. Kita sebagai warga negara Indonesia bisa bangga karena pencak silat yang merupakan bela diri asli Iindonesia telah berkembang pesat di hampir 38 negara.

Untuk itu dengan bangga kami memperkenalkan diri sebagai salah satu perguruan pencak silat yang lahir pada tahun 1959 di tatar sunda dengan nama Gadjah Putih Mega Paksi Pusaka, Gadjah Putih tidak dilahirkan untuk menjadi organisai yang mendukung kepentingan politik ataupun kepentingan pribadi seseorang,  tapi Gadjah Putih merupakan sebuah perguruan pencak silat tradisional sunda.
Beberapa tahun terakhir banyak yang mengira Gadjah Putih adalah sebuah Organisai Masyarakat (Ormas), adapun mereka hanya segelintir oknum yang memanfaatkan nama besar Gadjah Putih untuk kepentingan tertentu yang justru bertolak belakang dengan AD/ART Gadjah Putih Mega Paksi Pusaka.




0 komentar:

Posting Komentar

Alamat

Kp. Geger Pasang, Ds. Sukarasa, Kec.Samarang, Kab.Garut

44161